Tuesday, 4 December 2012

contoh soal ujian sekolah tahun 2012


1.       Pasangan yang tepat antara cabang ilmu Biologi , obyek kajian, dan tingkat organisasi kehidupan yang dipelajari adalah….

Cabang ilmu Biologi
Obyek Kajian
Tingkat organisasi Kehidupan
A.
Boikimia
kimia atom
individu
B.
Ornitologi
ayam
populasi
C.
Virologi
Virus
komunitas
D.
Mikologi
Jamur
organisme
E.
Bakteriologi
Bakteri
ekosistem






               
2.       Berdasarkan gambar diatas yang tergolong jamur Basidiomycota adalah gambar yang berlabel no….
A.      1 dan 2                                                          D. 3 dan 4           
B.      2 dan 3                                                          E. 4
C.      2 dan 4

3.       Beberapa jenis penyakit dapat ditularkan oleh virus atau bakteri. Manakah pernyatan berikut yang benar?

Penyakit
Kelompok
Jenis
A
Influenza
bakteri
Avian influensa
B
Ebola
Virus
Pasteurella pestis
C
Tipus
Bakteri
Salmonella thyposa
D
Tetanus
Virus
Clostridium tetani
E
Pes
Bakteri
Pasteurella pestis

4.       Pelestarian Badak di Ujung Kulon, Bunga Raflesia Arnoldi di hutan Bukit Barisan Bengkulu secara insitu bertujuan untuk….
A.      Melestarikan sumber daya alam hayati di tempat aslinya
B.      Melestarikan sumber daya alam hayati di luar habitatnya
C.      Melindungi habitat dan makhluk hidup yang menempatinya
D.      Memberikan suaka terhadap alam yang berciri khas flora, fauna dan ekosistem apa adanya
E.       Menghimpun jenis-jenis flora-fauna dari berbagai tempat untuk dilestarikan

5.       Seorang siswa mengamati hewan dengan cirri-ciri sebagai berikut:
_  memiliki dua pasang sayap
_ memiliki tiga pasang kaki pada dadanya
_ tubuh terbagi atas tiga bagian: kepala, dada, dan perut
Dapat dipastikan hewan tersebut adalah kelompok
A.      Diplopoda
B.      Chylopoda
C.      Crustacean
D.      Arachnida
E.       Insecta

6.       Berikut ini adalah ciri-ciri tumbuhan:
1. pertulangan daun menjari
2. bagian bunga kelipatan tiga
3. batang memiliki cambium
4. pertulangan daun sejajar
5. letak xylem dengan floem tersebar
Berdasar data di atas, yang tergolong dalam kelompok tumbuhan monokotyl memiliki cirri-ciri….
A.      1, 2 dan 3
B.      2, 3 dan 4
C.      2, 4 dan 5
D.      3, 4 dan 5
E.       5 saja

7.       Perhatikan skema jaring-jaring makanan berikut!






Pasangan organisme yang menduduki taraf trofi ke III adalah….
A.      Zooplankton, udang dan ikan
B.      Fitoplanton, remis dan siput
C.      Zooplankton, remis dan siput
D.      Udang, kepiting dan siput
E.       Fitoplanton, remis dan kepiting

8.       Perhatikan daur nitrogen berikut ini!
Nitrifikasi adalah yang berlabel….
A.      I dan II
B.      II
C.      III
D.      IV
E.       V

9.       Perhatikan gambar di bawah ini!





Dari gambar tersebut, transportasi zat terjadi secara….
A.      Difusi
B.      Osmosis
C.      Endositosis
D.      Eksositosis
E.       Absorbs

10.   Perhatikan gambar organel sel di samping!
Fungsi organel tersebut adalah….
A.      Menghasilkan energy
B.      Tempat berlangsungnya fotosintesis
C.      Mengendalikan seluruh kegiatan sel
D.      Tempat melekatnya ribosom tertentu
E.       Tempat pembentukan lisosom

11.   Jaringan epitel pada usus halus yang membentuk jonjot usus merupakan….
A.      Epitel pipih selapis
B.      Epitel kubus selapis
C.      Epitel silindris selapis
D.      Epitel berlapis semu
E.       Epitel transisional

12.   Contoh gerak pronasi dan supinasi terjadi saat….
A.      Lifter mengangkat besi barbell
B.      Kaki memanjang dan memendek
C.      Kepala menunduk dan menengadah
D.      Telapak tangan menelungkup dan menengadah
E.       Tangan memanjang dan memendek

13.   Perhatikan gambar anatomi jantung di samping.
Berdasarkan gambar tersebut, pembuluh darah
Arteri pulmonalis adalah yang bernomor….
A.      1
B.      2
C.      3
D.      4
E.       5

14.   Pernafasan pada manusia dapat dibedakan menjadi pernapasan dada dan perut. Pernyataan yang tepat tentang inspirasi pernapasan perut terdapat pada….
A.      Otot antar tulang rusuk kontraksi, rongga dada mebesar, tekanan udara rongga dada turun, paru-paru membesar, udara masuk
B.      Otot diafragma relaksasi,diafragma melengkung, rongga dada mengecil, tekanan udara rongga dada membesar, udara keluar.
C.      Otot antar tulang rusuk relaksasi, rongga dada mengecil,tekanan udara di rongga dada membesar, udara keluar.
D.      Otot diafragma kontraksi, diafragma mendatar,rongga dada membesar, tekanan rongga dada mengecil, udara mauk.
E.       Otot diafragma kontraksi, diafragma melengkung, rongga dada membesar, tekanan rongga dada mengecil, udara masuk

15.   Perhatikan gambar struktur kulit berikut!
Bagian yang sensitif terhadap rasa nyeri ditun-
Jukkan oleh nomor….
A.      1                                                                      D.  4
B.      2                                                                      E.  5
C.      3

16.   Perhatikan gambar berikut!
Proses yang terjadi pada bagian X adalah….
A.      Menghantarkan tanggapan ke lingkungan
B.      Member reaksi terhadap rangsang
C.      Menghantarkan tanggapan ke efektor
D.      Menghantarkan rangsang ke pusat saraf
E.       Menerima rangsang dari lingkungan

17.   Seorang siswa melakukan percobaan tentang pengaruh dosis pupuk organic terhadap pertumbuhan tanaman jagung. Data hasil percobaan tampak pada table berikut.
Umur
(Minggu)
Tinggi Tanaman (m)
Dari Variasi Dosis Pupuk
150g/pot
150g/pot
150g/pot
1
0.02
0.02
0.02
2
0.05
0.08
0.06
3
0.1
0.2
0.2
4
0.3
0.4
0.4
5
0.4
1.0
0.5
Kesimpila dari percobaan ini adalah ….
A.      Pupuk dosis rendah efektif
B.      Variable terikatnya adalah dosis pupuk
C.      Semakin tinggi dosis pupuk semakin efektif
D.      Dosis pupuik yang paling efektif adalah 200g/pot
E.       Pupuk berpengaruh negative terhadap pertumbuhan tanaman.

18.   Perhatikan grafik berikut.









Berdasarkan grafik tersebut, dapat ditarik kesimpulan ditarik bahwa ….
A.      Kerja enzyme tidak dipengaruhi oleh pH
B.      Setiap enzyme mempunyai pH optimum yang sama
C.      Setiap enzyme bekerja optimal pada pH tertentu
D.      Enzyme bekerja optimal pada kondisi asam
E.       Peningkatan kerja enzyme bervbanding lurus dengan kenaikan nilai pH

19.   Respirasi aerob secara keseluruhan digambarkan dalam skema di bawah ini.
Dari skema di samping, dekarboksilasi oksidatif dan
Transport electron secara berurutan ditunjukkan oleh
Nomor….
A.      1 dan 2
B.      2 dan3
C.      2 dan 4
D.      3 dan 2
E.       4 dan 3

20.   Tahap-tahap dalam siklus Calvin sebagai berikut.
1.       Terjadi pengubahan NADPH2 menjadi NADP+
2.       Fiksasi CO2 oleh RuBP
3.       Terjadi pembentukan ADP
4.       Terbentuk glukosa
5.       Terbentuk PGA
Urutan tahap siklus Calvin yang benar adalah
A.      1 – 3 -2 -5 – 4
B.      1 – 4 – 2 -3 – 5
C.      2 – 5 – 3 – 1 – 4
D.      3 – 1 – 5 – 4 – 2
E.       4 – 5 – 1 – 3 – 2


1 comment: